Tentang Program Studi

tentang 2

Sejalan dengan visi Universitas Sumatera Utara (USU) sebagaimana tercantum dalam statute USU (PP No. 16/2014 tanggal 28 Februari 2014 pasal 2-4) yaitu “Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”. Untuk mewujudkan  visi tersebut telah didesain Rencana Jangka Panjang (RJP) USU 2015 – 2039, yang terbagi dalam lima tahap. Pada tahap 1 (Renstra 2015-2019) dalam kerangka umum telah dirumuskan bahwa USU menjadi Universitas Nasional terkemuka dengan akreditasi tertinggi dan merintis pengakuan internasional.Agar visi USU dapat dilaksanakan dengan lebih baik perlu satu kesatuan pandangan termasuk dalam merumuskan visi Sekolah Pascasarjana USU (SPs USU) dan Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana USU (PS MM SPs USU) sebagai unit terkecil di dalam pelaksanaan kegiatan akademis. Sejalan dengan visi USU, Sekolah Pascasarjana USU telah merumuskan visi sebagai berikut: “Menjadi program pascasarjana terkemuka dengan akreditasi nasional tertinggi dan merintis pengakuan internasional”.

1.1.1  Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Proses penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran dilakukan secara berjenjang mulai pada tingkat Universitas, Fakultas/Sekolah Pascasarjana sampai Departemen/Program Studi sebagai unit yang menjalankan kegiatan proses belajar mengajar. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran pada tingkat Universitas dilakukan oleh tim kerja yang melibatkan USU  dan  Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Hasil kerja dari tim tersebut dituangkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tanggal 28 Februari 2014 tentang Statuta Universitas Sumatera Utara, yang   merupakan

landasan hukum dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) USU 2015 – 2019 dan Rencana Jangka Panjang (RJP) USU 2015 -2039,

Langkah-langkah mekanisme penyusunan visi dan misi PS MM SPs USU adalah sebagai berikut :

  1. Program Studi membentuk tim perumus visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Magister Manajemen yang terdiri dari Pimpinan Sekolah Pascasarjana (Wakil Direktur I), Ketua Program Studi, staf pengajar, alumni, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

  1. Tim bermusyawarah untuk merumuskan visi, misi berdasarkan visi dan misi USU dan SPs USU, dengan mempedomani Renstra 2015 – 2019 USU dan Renstra SPs USU 2015 - 2019 dan mengevaluasi visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi sebelumnya.Kemudian dilakukan musyawarah antara pimpinan SPs dan Program Studi, Dosen, Alumni, dan pemangku kepentingan lainnya maka ditetapkanlah visi misi dan tujuan PS MM USU.

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran PS MM USU dilakukan melalui rapat kerja yang melibatkan seluruh staf pengajar. Selain dengan staf pengajar, proses penyerapan masukan-masukan dilakukan juga melalui dialog-dialog informal dengan alumni baik yang bekerja pada dunia usaha dan industri serta instansi pemerintah.